Rabu, 07 Juni 2017

10 Makanan Pencegah Anemia yang Wajib Anda Konsumsi

Cara mencegah Anemia - Komunitas medis mendefinisikan anemia sebagai 'kondisi medis yang berkembang saat darah Anda kekurangan cukup sel darah merah atau hemoglobin yang sehat.' Hemoglobin adalah bagian utama dari sel darah merah dan mengikat oksigen. Jika Anda memiliki terlalu sedikit atau abnormal sel darah merah, tubuh Anda tidak akan mendapatkan cukup oksigen. Anemia adalah masalah yang umum dan mempengaruhi banyak orang. Ada sekitar 400 jenis anemia tapi yang paling umum adalah anemia defisiensi besi. Anemia karena kekurangan zat besi merupakan tipe yang paling sering dialami seseorang dan juga termasuk jenis anemia yang paling mudah disembuhkan.Hanya dengan Meningkatkan dosis asupan zat besi Anda melalui makanan kaya zat besi dan suplemen zat besi dapat dengan mudah membalikkan anemia jenis ini.



Berikut beberapa Gejala anemia yang sering terjadi :
  • Cepat Letih
  • Sesak napas
  • Denyut nadi cepat
  • Meningkatnya detak jantung
  • Kulit pucat atau kekuningan
  • Pusing atau pusing
  • Sakit dada
  • Kaki dan tangan dingin
  • Badan terasa lemah
  • Sakit kepala

Jika Anda memiliki anemia kekurangan zat besi maka Anda harus sadar bahwa hal itu mudah dibalikkan dengan memakan jenis makanan yang tepat. Berikut adalah daftar makanan yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan asupan zat besi dalam tubuh :

1. Bayam

Anda mungkin tahu sayuran berdaun ini dari kartun populer Mr. Popeye. Kapan pun dia butuh kekuatan; Dia membuka sekaleng bayam dan menelannya. Meskipun Anda tidak perlu melawan penjahat jahat yang berkeliaran di jalanan setidaknya Anda harus melawan anemia. Dan bayam adalah makanan yang tepat untuk membantu Anda melakukannya. Bayam, selain menjadi sumber yang kaya akan zat besi ternyata juga mengandung kalsium, vitamin A, B9, E dan C, serat dan beta karoten yang akan membantu Anda memperbaiki kesehatan Anda secara keseluruhan. Anda dapat meningkatkan jumlah bayam di salad sayuran daun hijau atau merebus beberapa daun bayam dalam secangkir air, menambahkan beberapa bumbu dan menjadikannya sup.

2. Buah Bit

Buah Bit mengandung banyak zat besi maka dengan memakan buah bit setiap hari untuk jangka waktu yang singkat dapat mengatasi masalah kekurangan zat besi dalam tubuh. Selain meningkatkan kadar hemoglobin Anda, bit membantu mengurangi sembelit, mengurangi kadar kolesterol, meningkatkan tingkat enzim antioksidan dalam tubuh, serta meningkatkan jumlah sel darah putih, yang bertanggung jawab untuk mendeteksi dan menghilangkan sel abnormal. Bit juga merupakan salah satu sumber glutamin terkaya, asam amino, penting untuk kesehatan dan pemeliharaan saluran pencernaan.

3. Selai kacang

Selai kacang adalah sumber zat besi yang baik dan hanya 2 sendok makan sehari saja yang cukup untuk melawan anemia. Isi saja dua potong roti, tambahkan bumbu favorit Anda (jeli / selai) dan simpan camilan di sela waktu makan. Jika, dengan beberapa kesempatan yang aneh, Anda tidak menyukai rasa selai kacang, Anda bisa menggantinya dengan segenggam kacang panggang. Jaga beberapa orang dengan Anda di tempat kerja dan pop mereka sebagai pekerjaan Anda.

4. Telur

Telur adalah makanan yang sangat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Mereka mengandung kalori sangat sedikit dan merupakan sumber protein dan kolesterol baik sementara juga mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk zat besi. Telur berukuran rata-rata dikatakan mengandung 0,6 mg zat besi sedangkan telur besar mengandung 1 mg itu. Makan satu butir telur setiap hari cukup untuk mengimbangi kekurangan zat besi Anda. Anda bisa makan telur rebus saat sarapan atau merebus atau mengacaknya - ada sejuta cara untuk menanamkan telur dalam makanan sehari-hari Anda. Mereka adalah sumber protein yang baik dan akan membuat Anda tetap bertahan sampai sore hari.


5. Kedelai

Kedelai adalah sumber zat besi terkaya dalam kategori vegetarian. Mereka sebenarnya adalah sumber utama zat besi bagi orang yang tidak makan daging dan makanan non vegetarian lainnya. Kedelai adalah makanan rendah lemak dan protein tinggi yang melawan anemia namun untuk mendapatkan manfaat maksimal darinya, penting bagi Anda untuk memasak dengan benar. Anda perlu merendam kacang kedelai dalam air hangat semalaman untuk mengurangi asam phytic dalam kacang. Asam fitat terjadi secara alami dalam kacang dan mengganggu penyerapan zat besi dalam tubuh.

6. Jeroan

Jeroan sangat bergizi, mengandung zat besi dalam jumlah tinggi. Daging dari hati ayam, babi dan sapi merupakan tambahan yang baik untuk diet Anda jika Anda ingin melawan anemia. Jenis lainnya meliputi ginjal, otak dan jantung. Meskipun termasuk sumber zat besi yang baik namun jeroan dalam makanan sehari-hari mungkin akan lebih berbahaya daripada makanan karena juga mengandung lemak jenuh dan kalori dalam jumlah tinggi. Idealnya, satu atau dua kali seminggu bagus tapi bila dari itu maka kesehatan Anda harus dipertimbangkan kembali secara keseluruhan. Jika Anda menderita penyakit jantung atau kelebihan berat badan, mungkin jeroan bukanlah ide bagus untuk Anda.

7. Tomat

Jika dibandingkan makanan lainnya maka tomat merupakan makanan dengan kandungan zat besi yang sedikit namun tomat kaya akan vitamin C yang membantu penyerapan zat besi. Bagaimanapun, sulit untuk menelan zat besi yang cukup, tapi yang membuat masalah lebih buruk adalah tubuh kita kadang-kadang tidak dapat sepenuhnya menyerap zat besi yang ditemukan dalam makanan. Vitamin C membantu tubuh kita menyerap zat besi per satuan energi. Hal ini disebabkan oleh kerja asam askorbat yang mencegah pembentukan senyawa besi yang tidak larut dan tidak mudah diserap dalam tubuh Anda. Selain vitamin C, tomat juga mengandung beta karoten, serat dan vitamin E - yang semuanya sangat bagus untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Dianjurkan agar Anda memasukkan satu tomat mentah dalam makanan Anda untuk konsumsi sehari-hari. Anda bisa menambahkannya ke dalam salad atau hanya memakannya mentah, ditaburi beberapa bumbu pilihan Anda.

8. Roti Gandum Utuh

Satu irisan roti gandum dikatakan mengandung sekitar 6% zat besi atau tubuh yang dibutuhkan setiap hari. Ini adalah sumber besi non-heme yang sangat baik dan akan membantu tubuh untuk melawan defisiensi besi secara efektif. Anda bisa mengganti roti putih harian Anda dengan roti gandum, makan setidaknya 2 - 3 iris setiap hari untuk meningkatkan kadar zat besi Anda. Beberapa mungkin berpikir bahwa karena biji-bijian mengandung asam fitat, hal itu dapat menghambat penyerapan zat besi tetapi karena roti gandum disiapkan melalui proses fermentasi, penghambat asam fitat dalam biji-bijian diturunkan secara signifikan.

9. Kacang dan Biji

Protein nabati, seperti kacang-kacangan, biji-bijian dan biji-bijian semuanya menawarkan sejumlah zat besi. Orang bisa mengonsumsi berbagai macam kacang dan biji seperti pistachio, aprikot dan biji labu untuk mendapatkan zat besi tinggi. Selain itu, sumber zat besi nabati mengandung kalori lebih rendah dan lemak lebih sehat. Oleh karena itu, mereka mungkin menjadi pilihan sehat bagi seseorang yang berjuang dengan berat badan atau berisiko terkena penyakit jantung. Anda bisa untuk beberapa pistachio, yang merupakan sumber terbaik zat besi karena mengandung 15 mg zat besi dalam 100 gram kacang. Anda juga bisa mencampurnya dengan aprikot. Selain itu, biji labu juga baik untuk melawan anemia. Mereka juga mengandung vitamin K, seng dan mangan dan merupakan sumber magnesium terbaik, yang kekurangan banyak orang. Keuntungan kacang dan biji memiliki lebih dari makanan adalah Anda dapat memiliki mereka di mana saja. Isi saja wadah plastik kecil yang bisa Anda simpan di tas Anda dan teruskan mereka selama perjalanan atau saat Anda bekerja.

10. Seafood

Makanan laut dikenal dengan banyak manfaat kesehatannya. Ini bagus untuk jantung Anda, meningkatkan kolesterol dan lemak yang baik dan mengandung banyak nutrisi. Ikan berlemak populer seperti salmon, selaras serta makanan laut lainnya seperti tiram dan kerang merupakan sumber zat besi dan secara signifikan dapat memperbaiki kadar zat besi di tubuh Anda. Dikatakan bahwa tiram pasifik mengandung 7,2 mg zat besi per 100 gram porsi sementara kerang mengandung besi heme yang tubuh Anda dapat menyerap lebih mudah. Cobalah memasukkan ikan berlemak atau makanan laut setidaknya tiga kali seminggu untuk membantu mencegah anemia. Anda bisa memanggang salmon panggang atau panggang tiga kali seminggu untuk meningkatkan kadar zat besi di tubuh Anda.

10 Makanan Pencegah Anemia yang Wajib Anda Konsumsi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Ancha Rionaldo

0 komentar:

Posting Komentar